Obat radang tenggorokan, obat amandel, obat batuk dan seputarnya adalah fokus utama pembahasan situs ini

12 Pola Hidup Sehat , Adalah Jaminan Keluarga Bahagia Lahir Batin

Pola hidup sehat - Pepatah lama bilang "Siapa yang menanam, ia yang memakan". Berawal dari ungkapan simple namun bagus tersebut, kajian kali ini penulis akan menjabarkan seberapa penting 'menanam' pola hidup sehat untuk diri sendiri, keluarga dan lingkungan.

Keseharian yang buruk tanpa adanya kontrol yang baik pada diri sendiri merupakan faktor utama menurunnya kebahagian dan kesejahteraan hidup kita.

12 Pola Hidup Sehat , Adalah Jaminan Keluarga Bahagia Lahir Batin

Ini sangat jelas, ketika seseorang berpola hidup asal-asalan, males dll, maka tidak heran dia akan 'memakan' hasil malesnya sendiri.

Bahkan saya rasa dampaknya tidak bukan hanya keburukan pribadi, tapi orang sekitarnya pun akan terkena imbasnya. Lalu bagaimana cara untuk menata hidup agar selalu sehat alias tidak mudah tertular penyakit? Berikut jawabannya...

A. Pola Hidup Sehat Lahir

1. Cek kesehatan.
Sebelum memperbaiki rumah, tentu harus tau dulu dong apa kerusakannya. Begitupun badan kita, sebaiknya rajin-rajinlah periksa kondisi kesehatan Anda ke ahlinya.

2. Monitor aktivitas fisik Anda.
Apakah kita rutin berolahraga? Atau apakah aktivitas kita sehari-hari didominasi dengan duduk mengetik di komputer sepanjang hari dan kurang bergerak aktif? Para ahli medis merekomendasikan agar kita berolahraga dengan durasi total minimal 75 menit tiap minggu dan bergerak aktif untuk mengencangkan otot setidaknya dua hari dalam sepekan. Pilih kegiatan yang menyenangkan sebagai aktivitas fisik yang menyehatkan.

Orang yang rajin berolahraga dapat memiliki daya tahan tubuh yang tambah baik. disamping itu olahraga juga mempunyai banyak faedah yang lain antaralain membuat lancar aliran darah ke beberapa sel otak, metabolisme serta pergantian beberapa sel tubuh berlangsung lebih cepat hingga bikin awet muda, olahraga teratur serta teratur amat pas melindungi tubuh kita dari tumpukan lemak sumber penyakit, serta menambah rasa yakin diri.

3. Data makanan yang dikonsumsi.
Jika memiliki masalah berat badan atau kebiasaan pola makan tidak sehat, maka kita mungkin perlu mencatat semua makanan yang dikonsumsi dari hari ke hari. Catatan ini bermanfaat untuk menyadarkan diri dan mungkin sebagai pengingat untuk menguranginya demi menjaga tubuh lebih sehat dan ideal.

4. Konsumsi asupan halal dan baik.
Pertimbangkan untuk berhenti merokok atau mengonsumsi minuman keras (wajib berhenti), terutama jika Anda berisiko atau mengidap penyakit diabetes, depresi, artritis, sakit jantung, paru-paru, kanker empedu, tumor ganas dan penyakit mematikan lainnya.

Ganti kata-kata “saya harus” dengan “saya memilih” untuk mengonsumsi makanan sehat seperti sayur dan buah secara teratur. Hal ini merefleksikan kesadaran untuk hidup sehat karena mengetahui manfaat dan risiko jika tidak menerapkan gaya hidup ini. Bukan terpaksa atau sekadar ikut tren. Mengolah makanan Anda sendiri dapat menjadi salah satu solusi untuk menjaga kesehatan dan kebersihan santapan.

5. Pola istirahat teratur.
Istirahat cukup adalah kunci mendapatkan tubuh dan pikiran yang sehat. Pastikan jam tidur Anda terpenuhi dengan membiasakan tidur dan bangun di waktu yang sama. Mandi air hangat, membaca buku, atau mendengarkan musik dapat menjadi aktivitas menjelang tidur yang membantu tubuh untuk istirahat.

6. Bangun tepat waktu.
hasil daripada keputusan para pakar medis diantaranya adalah selain istirahat yang cukup juga sangat dianjurkan sekali bangun pada pagi hari 2 atau 3 jam sebelum matahari terbit. Dengan hal ini, Metabolisme tubuh akan sangat merespon terhadap makanan yang jika tubuh telah bangun sebelum matahari terbit.

7. Hindari dehidrasi.
Amat dianjurkan untuk konsumsi antara 10-18 gelas air dalam setiap hari. Dehidrasi sangatlah berpengaruh pada liputan berbagai penyebab timbulnya penyakit. Bahkan tingkat kecantikan dan kesegaran aura wajah Anda pun akan bertambah jika tubuh selalu cukup dengan asupan air bersih.

8. Mandi pagi hari dan gosok gigi.
Semua orang tau dengan kedua saran ini, banyak yang mendukung faktor tersebut. Logikanya, orang yang mandi pagi maka akan segar tubuhnya dan fikirannya. Dengan begitu, ia akan siap menghadapi siuk-biuk kehidupan pada hari tersebut.

B. Pola Hidup Sehat Batin

1. Periksa kesehatan hubungan sosial.
Apakah hubungan kamu dengan pasangan berjalan harmonis? Bagaimana dengan hubungan dengan rekan kerja atau atasan? Semua ini dapat berdampak besar kepada kesehatan pikiran, jiwa, dan tentu saja tubuh. Temukan orang-orang dan lingkungan yang dapat mendukung dan membuat kamu merasa nyaman dan bahagia.

2. Kurangi stres.
Stres adalah hal yang tidak terhindarkan. Namun Anda dapat belajar mengelolanya dengan merencanakan berbagai hal agar tidak ada yang terlupa, mengambil waktu untuk relaks dan melakukan hobi, atau melakukan yoga atau meditasi. Mencatat hal-hal yang patut Anda syukuri juga dapat membuat jiwa lebih tenang.

3. Hindari nafsu amarah.
Banyak survei penelitian yang mangungkapkan besarnya pengaruh kesehatan dari peranan hati dalam menjaganya agar tetap tenang, dingin dan selalu positif tingking. Hati yang selalu dipenuhi iri, dengki, amarah, dendam dan tidak senang dengan kebahagian orang lain bisa dipastikan pemilik hati tersebut jarang bertahan hidup lebih lama akibat banyaknya penyakit.

4. Konsistensi tinggi dalam positif tinking.
Kedisiplinan dalam menjaga pola fikir juga sangat berpengaruh pada kestabilan tubuh kita. Jika seseorang mudah terjebak dalam fikiran negatif, maka hal negatiflah yang akan selalu didekatnya. Kekuatan pola fikir tidak hanya dapat mengasah kemampuan kepintaran saja, tubuh dan kecantikan juga akan sangat terbantu olehnya.

Akhirnya sampai juga ke penghujung ulasan singkat namun banyak manfaatnya ini, semoga apa yang Anda keluhkan semua terjawab. Jika ada pertanyaan seputar pola hidup sehat ini, silahkan isikan pada kolom komentar dibawah.

12 Pola Hidup Sehat , Adalah Jaminan Keluarga Bahagia Lahir Batin Rating: 5 Posted By: saepul anwar

0 komentar: