Obat radang tenggorokan, obat amandel, obat batuk dan seputarnya adalah fokus utama pembahasan situs ini

Penyakit Nodul Pita Suara : Gejala , Penyebab , Pengobatan & Askep Lengkap Dengan PDF

Mengalami perubahan suara? Hati-hati nodul pita suara! Penyalahgunaan suara (vocal abuse) menjadi penyebab tersering nodul pita suara. Strategi penanganan secara konservatif; terapi wicara merupakan terapi paling utama.

Penyakit Nodul Pita Suara : Gejala , Penyebab , Pengobatan & Askep Lengkap Dengan PDF

Disfonia merupakan istilah umum untuk setiap gangguan suara yang disebabkan kelainan pada organ-organ fonasi, terutama laring, baik yang bersifat organik maupun fungsional. Disfonia bukan penyakit, tetapi merupakan gejala penyakit atau kelainan laring. Berikut ini akan dibahas salah satu penyebab disfonia tersering, yaitu nodul pita suara. Silahkan download Pdf Nodul Pita Suara lengkap.

Definisi

Nodul pita suara atau “Singer’s Nodes”, “Screamer’s Nodes”, "Teacher’s Nodes" atau “Vocal Nodule“ adalah pembengkakan pita suara bilateral dengan ukuran bervariasi yang ditemukan pada bagian tengah membran pita suara. Nodul ini memiliki karakteristik berupa penebalan epitel dengan tingkatan reaksi infl amasi berbeda pada lapisan superfi sial lamina propia.3 Kelainan ini sering juga disebut dengan “singer’s nodes”, “screamer’s nodes” atau “teacher’s nodes”.

Penyebab

Nodul pita suara umumnya terjadi karena penyalahgunaan suara (vocal abuse). Pada awalnya terdapat edema dan vasodilatasi (diatesis prenodular) pada pita suara, sehingga menyebabkan penambahan massa namun tidak terlalu memengaruhi ketegangan pita suara. Vocal abuse menjelaskan perlakuan suara (vocal behaviour) yang berhubungan dengan kualitas suara normal yang seringkali menyebabkan abnormalitas pita suara dan menghasilkan disfonia.

Gejala

Ciri-ciri yang dapat ditemukan pada penderita nodul pita suara5,6:
  • Suara terdengar kasar, serak dan pecah 
  • Menghilangnya kemampuan bernyanyi nada tinggi dengan halus 
  • Menurunnya kemampuan modulasi suara 
  • Meningkatnya pengeluaran udara saat berbicara (breathiness) dan suara parau 
  • Pada saat bernyanyi terasa seperti memaksa 
  • Pemanasan suara yang lebih lama 
  • Peningkatan tegangan otot leher dan masalah tenggorokan.

Obat Nodul Pita Suara

Terapi Medis

Penanganan berfokus pada lubrikasi laring yang baik melalui hidrasi dan mengobati penyebab lain seperti alergi dan refl uks asam lambung (GERD). Hidrasi yang adekuat dapat membantu mukosa pita suara menahan kekuatan dan tenaga paksaan getaran.
Baca juga: Masalah Bau Mulut

Terapi Wicara

Terapi behavioral ini diberikan pada sebagian besar nodul pita suara karena behavior dan pada pasien yang mengalami gangguan suara karena infeksi saluran pernapasan atas. Terapi ini sebaiknya menjadi pengobatan lini pertama, terutama pada anak dan dewasa.

Dokumentasi foto nodul di klinik suara (voice clinic) dapat digunakan untuk menilai kemajuan pengobatan dan kepatuhan pasien selama terapi wicara.

Sesi terapi dilakukan oleh ahli terapi wicara pada pasien dengan kelainan mukosa pita suara jinak, seperti nodul pita suara, yang sering disebabkan penggunaan vokal yang berlebihan.

Nodul ini diharapkan dapat menghilang, mengecil atau setidaknya stabil dalam regimen peningkatan vocal hygiene dan produksi suara yang optimal.

Terapi dinyatakan berhasil jika pasien mencapai suara yang dalam dan berat (husky voice) tanpa episode suara serak yang parah atau afonia sebelumnya dan resolusi limitasi suara secara komplit.

Operasi dapat menjadi pilihan saat nodul belum menghilang sepenuhnya, pasien mengalami gejala residual, dan limitasi vokal yang tidak dapat diterima oleh pasien. Terapi wicara juga dapat memaksimalkan hasil operasi dengan mengurangi risiko rekurensi pascaoperasi.

Terapi Operatif

Pengangkatan nodul dengan cara operasi menjadi pilihan jika nodul tersebut menetap meskipun sudah mengecil dan pasien merasakan suaranya tetap tidak membaik setelah terapi yang adekuat (umumnya minimum 3 bulan). Beberapa penulis memilih menggunakan teknik microdissection. Vocal fold stripping tidak termasuk dalam operasi nodul.

Kesimpulan

Nodul pita suara merupakan penyebab tersering disfonia menetap pada anak. Hal ini juga merupakan penyebab perubahan kualitas suara individu yang sering menggunakan suaranya secara profesional. Nodul pita suara adalah pembengkakan pita suara bilateral dengan ukuran bervariasi yang ditemukan di bagian tengah membran pita suara, umumnya terjadi karena penyalahgunaan suara (vocal abuse).

Jenis tumor pita suara non-neoplastik yang sering dijumpai dan perlu dibedakan dari nodul pita suara adalah Reinke’s edema, polip pita suara, kista pita suara, laringeal papiloma, dan contact granuloma.

Strategi penanganan nodul pita suara dilakukan secara konservatif; terapi wicara merupakan terapi paling utama. Lebih lengkapnya silahkan download file pdf diawal tadi. Terimakasih...

Penyakit Nodul Pita Suara : Gejala , Penyebab , Pengobatan & Askep Lengkap Dengan PDF Rating: 5 Posted By: Urat- ku

0 komentar: