Obat radang tenggorokan, obat amandel, obat batuk dan seputarnya adalah fokus utama pembahasan situs ini

Obat Radang Tenggorokan dengan Pembunuh Bakteri & Virus

Obat radang tenggorokan memang kebanyakan disajikan kepada anak-anak yang notabene berjenis obat yang bertenaga lunak, sehingga kurang ampuh untuk kita yang berusia dewasa (17 tahun ke atas). Padahal penderita radang tenggorokan ini tidak sedikit dari kalangan 'anak' usia tua. Maka artikel obat radang tenggorokan ini saya sengaja buat untuk semua kalangan.

Sebelum ke obat radang tenggorokan , adakalanya kita mengetahui penyebabnya terlebih dahulu yang tidak kalah penting untuk langkah antisifasi pengobatan yang salah kaprah. Sebab biasanya obat disesuaikan dengan penyebab yang paling menonjol, bahkan ini berlaku tidak hanya terhadap suatu jenis penyakit tenggorokan  tertentu saja.

Obat Radang Tenggorokan dengan Pembunuh Bakteri & Virus

Penyebab Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan biasanya diakibatkan karena adanya serangan virus sama dengan penyebab sakit flu dan sakit pilek atau juga bakteri sterptokokus yang biasanya lebih dikenal dengan strep throat, yaitu sejenis virus yang terkenal sebagai salah satu dari penyebab penyakit radang tenggorokan atau mononucleosis infectiosa.

Jamur candida yang menjadi penyebab radang tenggorokan juga bisa diakibatkan karena bahan kimia atau juga racun yang terhirup misalnya adalah seperti asap rokok, mengalami cedera atau gesekan yang berasal dari fragmen tulang, alergi atau postinasal drip, dan jarang terjadi kanker.

    #a. Indikasi bakteri

    Infeksi oleh bakteri lebih parah dibandingkan infeksi oleh virus. Biasanya orang yang terkena radang yang disebabkan oleh bakteri kemungkinan telah tertular 2-7 hari sebelumnya. Jika infeksi disebabkan oleh bakteri streptokokus sebaiknya lekas kedokter, karena jika tidak ditangani secara serius infeksi dapat menjalar ke katup jantung dan dapat menyebabkan penyakit demam rematik ke jantung.

    Ciri-cirinya:
      1. Sakit saat menelan.
      2. Bagian tenggorokan memar berwarna merah cerah dan terdapat bercak putih.
      3. Suhu badan meningkat atau demam dan sering kali disertai dengan sensasi dingin.
      4. Kelenjar leher membengkak.

        #b. Indikasi virus

        Radang yang disebabkan oleh virus biasanya lebih ringan, tetapi pengobatan dengan antibiotik tidak cukup efektif jika infeksi disebabkan oleh virus karena pemberian antibiotik dapat menimbulkan resistensi (kekebalan) kuman terhadap antibiotik.

        Ciri-ciri infeksi virus:
          1. Batuk disertai bersin dan menyebabkan suara serak bahkan mengecil
          2. Rasa pedih, gatal, dan kering dalam tenggorokan
          3. Biasanya tidak mengalami demam, tetapi dalam beberapa kasus mengalami sedikit demam dan rasa pegal2 di setiap per sendian.
          Obat Radang Tenggorokan dengan Pembunuh Bakteri & Virus

          Gejala Radang Tenggorokan

            1. Coba tekan daerah leher dekat jakun, kanan dan kiri. Jika sakit sekali berarti sudah bengkak, meradang.
            2. Lihat di cermin amandelnya, gunakan lampu senter biar jelas. Jika merah berarti gejala meradang, apalagi kalau sudah ada bintik-bintik putih. Segeralah ke dokter.
            3. Buat menelan ludah sakit.
            4. Badan demam. Berarti sudah terjadi infeksi.
              Obat Radang Tenggorokan dengan Pembunuh Bakteri & Virus

              Obat Radang Tenggorokan Medis dan Alami

              Kombinasi Terbaik dari: Cefuroxime, Methampyrone, Diezepam dan Obat alergi racikan untuk demam serta pusing:
                1. Cefuroxime 500 mg (Anbacim) 2×1 merupakan obat yang dapat digunakan untuk mengobati sejumlah infeksi yang disebabkan oleh bakteri, di antaranya:
                1. Infeksi sinus atau sinusitis
                2. Infeksi amandel atau tonsilitis
                3. Infeksi tenggorokan (misalnya faringitis)
                4. Infeksi saluran pernapasan (misalnya bronkitis)
                5. Infeksi telinga (misalnya otitis media)
                6. Infeksi kulit (misalnya penyakit lyme)
                Infeksi kandung kemih (misalnya pyelonephritis dan cystitis) Cefuroxime merupakan golongan antibiotik sefalosporin. Obat yang bekerja dengan cara membunuh bakteri ini juga bisa diberikan pada pasien yang akan menjalani prosedur operasi guna mencegah kambuhnya infeksi.


                2. Methampyrone 500 mg 3×1 adalah salah satu jenis obat pereda rada sakit, obat ini lebih dikenal dengan sebutan antalgin. Selebihnya ia bekerja secara sentral pada otak untuk menghilangkan nyeri, meredakan peradangan, menurunkan demam dan menyembuhkan rheumatik. Obat ini sangat efektif terhadap nyeri yang berkaitan dengan inflamasi
                3. Diezepam 2 mg (Analsik) ialah termasuk kelompok obat benzodiazepine yang memengaruhi sistem saraf otak dan memberikan efek penenang. Obat ini digunakan untuk mengatasi serangan kecemasan, insomnia, kejang-kejang, gejala putus alkohol akut, serta sebagai obat bius untuk praoperasi.
                4. Obat alergi racikan untuk demam dan pusing. Kandungan: Intrizin 1/2 tab, Coffein 25 mg, Indexon 1/6 tab dan Sanmag 1/2 tab.
              Terdapat beberapa kombinasi yang tak kalah bagusnya:

               #1. Kombinasi Amoxicilin 500 mg 3×1 dan Parasetamol 500 mg

              Obat Radang Tenggorokan dengan Pembunuh Bakteri & Virus
                1. Manfaat Amoxicillin adalah sebagai obat antibiotik dan anti radang pada telinga, hidung, dan tenggorokan, gigi, saluran genitourinaria, kulit dan struktur kulit, dan saluran pernapasan bawah oleh Streptococcus spp, S. pneumoniae, Staphylococcus spp, H. influenzae., E. coli, P. mirabilis, atau E. faecalis. Amoksisilin juga bermanfaat untuk pengobatan gonore akut tanpa komplikasi oleh N. gonorrhoeae.
                2. Manfaat Paracetamol berfungsi mengurangi rasa sakit dengan cara mengurangi produksi zat dalam tubuh yang disebut prostaglandin. Prostaglandin adalah unsur yang dilepaskan tubuh sebagai reaksi terhadap rasa sakit. Paracetamol menghalangi produksi prostaglandin, sehingga tubuh menjadi tidak terlalu fokus pada rasa sakit. Paracetamol juga bekerja dengan memengaruhi bagian otak yang berfungsi mengendalikan suhu tubuh.
                  Kombinasi dari kedua jenis obat ini cukup ampuh untuk mengusir radang tenggorokan. Minumlah 2-3 kali sehari sampai peradangan mereda.

                  #2. Kombinasi Cefadroxil 500 mg 3×1 dan Parasetamol 500 mg

                  Obat Radang Tenggorokan dengan Pembunuh Bakteri & Virus
                  Cefadroxil adalah obat antibiotik dengan spektrum luas. Cefadroxil bisa dimanfaatkan untuk mengatasi beberapa jenis bakteri. Cefadroxil bisa digunakan untuk mengobati infeksi saluran kemih, kulit, pernapasan, atau tenggorokan. Obat ini bisa dikonsumsi oleh orang dewasa maupun anak-anak.

                  Cefadroxil berfungsi mengobati infeksi akibat bakteri pada berbagai bagian tubuh. Tapi obat ini tidak bisa menyembuhkan pilek, flu, atau penyakit-penyakit lain yang disebabkan oleh virus. Obat ini bekerja dengan cara menghambat pembentukan dinding sel bakteri sehingga bakteri tidak dapat bertahan hidup.
                  Kombinasi diatas lebih dominan ke penyebab radang tenggorokan dari bakteri. Anjurannya 3 kali sehari semalam.

                  #3. Kombinasi Levofloxacin 500 mg (1×sehari) dan Methylprednisolone 8 mg (2Xsehari)

                  Obat Radang Tenggorokan dengan Pembunuh Bakteri & Virus
                    1. Levofloxacin merupakan obat golongan antibiotik quinolone. Obat ini digunakan untuk mengobati infeksi bakteri seperti infeksi tenggorokan, saluran kemih, pneumonia, sinusitis, infeksi kulit, jaringan lunak, dan infeksi prostat. Levofloxacin bekerja dengan cara menghambat duplikasi DNA bakteri sehingga mencegah perkembangannya. Karena levofloxacin merupakan antibiotik, maka obat ini juga tidak bisa digunakan untuk mengobati infeksi yang disebabkan oleh virus, seperti flu atau pilek.
                    2. Methylprednisolone termasuk jenis obat kortikosteroid atau yang lebih dikenal dengan istilah steroid. Kinerja obat ini adalah menekan sistem kekebalan tubuh untuk mengurangi gejala peradangan seperti pembengkakan, nyeri, dan ruam. Selain sebagai obat radang tenggorokan, obat ini dapat digunakan untuk menangani peradangan atau inflamasi dalam berbagai penyakit, misalnya penyakit Crohn, kolitis ulseratif, alergi, artritis reumatoid, asma, serangan multiple sclerosis, serta jenis-jenis kanker tertentu.
                      Kombinasi dari kedua obat ini sangat baik untuk mengobati radang tenggorokan yang membandel sekalipun.

                      #Tambahan:

                      Terkadang gejala radang tenggorokan bisa disertai dengan tenggorokan gatal sekali karena sudah mau sembuh dan menyebabkan batuk-batuk. Anti alergi:
                      1. Aerius; Desloratadine 5 mg 1×1 diminum malam hari.
                      2. Obat kumur (bila perlu), untuk menjaga kesehatan rongga mulut. Tantum Verde – Benzydamine HCi 2×1
                      3. Jika menjelang sakit tenggorokan, biasanya tenggorokan sudah berasa tidak enak, gatal-gatal. 
                      4. FG Troches 4-5×1 atau permen Strepsils.

                      #4. Kombinasi tanaman pembunuh virus dan bakteri

                      Obat Radang Tenggorokan dengan Pembunuh Bakteri & Virus
                        1. Kunyit
                        2. Daun Sendok
                        3. Tanaman Cakar ayam
                        4. Daun Tapak liman
                        5. Pegagan (Antanan)
                        6. Mengkudu
                          Lebih lengkapnya silahkan lihat 38 Obat Radang Tenggorokan Alami ini.
                          PERHATIAN!
                          Bagi Ibu hamil dan menyusui dianjurkan untuk berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter agar aman dari kekhawatiran.
                          Semoga artikel saya mengenai Obat Radang Tenggorokan dengan Pembunuh Bakteri & Virus ini dapat dengan mudah menuntaskan penyakit peradangan Anda ini. Harapan kami tentunya kemanfaatan bagi semua pembaca tanpa mengharapkan apa-apa kembali. Semoga lekas sembuh!

                          Obat Radang Tenggorokan dengan Pembunuh Bakteri & Virus Rating: 5 Posted By: saepul anwar