Obat radang tenggorokan, obat amandel, obat batuk dan seputarnya adalah fokus utama pembahasan situs ini

Obat Sakit Tenggorokan yang Terbukti Paling Ampuh, Tahukah Anda?

Kajian obat sakit tenggorokan meradang secara alami dan di Apotik yang tepat dengan metode sesuai dengan hasil reset dokter ahli THT dan sumber perkembangan dari situs terpercaya seperti alodokter.

Seiring dengan kemajuan dunia medis, kini semakin banyak penawaran-penawaran baru yang muncul. Tujuan utamanya tidak lain adalah memberi manfaat bagi banyak orang khususnya yang sedang mencari obat sakit tenggorokan.

Sakit tenggorokan rasanya memang sangat mengganggu, membuat aktivitas sehari-hari terasa tidak nyaman. Kadang jenis penyakit ini datang dengan tiba-tiba, kadang juga muncul perlahan didahului kondisi kesehatan yang menurun.

Obat Sakit Tenggorokan yang Terbukti Paling Ampuh, Tahukah Anda?

1. Penyebab Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan umumnya disebabkan karena serangan virus dan bakteri. Hampir sama dengan penyebab sakit flu dan sakit pilek atau juga bakteri sterptokokus yang biasanya lebih dikenal dengan strep throat, yaitu sejenis virus yang terkenal sebagai salah satu dari penyebab penyakit sakit tenggorokan atau Mononucleosis infectiosa.

Penyebab dari jamur candida yang diakibatkan karena bahan kimia atau juga racun yang terhirup misalnya adalah seperti asap rokok, mengalami cedera atau gesekan yang berasal dari fragmen tulang, alergi atau postinasal drip, dan jarang terjadi kanker.

2. Gejala Bahaya Sakit Tenggorokan

Beberapa penyebab sakit tenggorokan dapat juga membahayakan jiwa dan menimbulkan komplikasi yang tidak diinginkan. Jika Anda menemukan tanda-tanda di bawah ini, segeralah konsultasikan kondisi kesehatan Anda ke dokter. Berikut:
  1. Susah bernapas atau sesak napas
  2. Sulit menelan
  3. Sulit membuka mulut, terasa seperti ada yang kaku dan menahan
  4. Demam dengan suhu lebih dari 38,5˚C
  5. Air liur yang sering keluar dari mulut, dikarenaka sulit menelan
  6. Sakit tenggorokan yang tidak kunjung sembuh setelah 1 minggu
  7. Suara menjadi serak dan menetap selama lebih dari 2 minggu
  8. Nyeri sendi
  9. Sakit pada telinga
  10. Telinga terasa sulit mendengar
  11. Terdapat benjolan di leher
  12. Sakit tenggorokan yang sering berulang
  13. Muncul ruam pada kulit
  14. Terdapat dahak yang bercampur dengan darah
  15. Batuk yang tidak kunjung sembuh setelah 3 minggu

3. Pertolongan pertama mencari obat sakit tenggorokan

Anda disarankan melakukan beberapa hal berikut jika sedang terkena sakit tenggorokan:
  1. Konsumsi minuman hangat dan makanan yang lunak.
  2. Hindari merokok atau menghirup asap rokok. Baca akibat merokok dari blog urat-ku!
  3. Berkumurlah dengan air garam atau obat kumur antiseptik untuk mengurangi rasa sakit.
  4. Jika sakit tenggorokan Anda disertai demam, konsumsi cukup air minum.
  5. Pasien dewasa dapat mengisap es batu atau permen pelega tenggorokan.
  6. Hindari makanan dan minuman yang terlalu panas atau terlalu dingin karena keduanya dapat menyebabkan iritasi.
  7. Mengonsumsi obat-obatan pereda rasa sakit
  8. Analgesik atau obat-obatan seperti ibuprofen dan parasetamol umumnya disarankan untuk menangani sakit tenggorokan, terutama jika disertai demam. Berikut ini adalah panduan untuk mengonsumsinya:
  9. Selalu baca petunjuk penggunaan obat agar tidak kelebihan dosis.
  10. Hindari aspirin dan ibuprofen jika Anda mengalami atau pernah mengalami sakit ginjal atau hati, serta masalah perut seperti tukak atau radang dinding lambung.
  11. Aspirin tidak boleh dikonsumsi anak berusia di bawah 16 tahun.

4. Obat Sakit Tenggorokan Alami

Obat Sakit Tenggorokan yang Terbukti Paling Ampuh, Tahukah Anda ?
Sebenarnya terdapat banyak obat sakit tenggorokan yang bisa dengan mudah didapat di sekitar kita terutama dari bahan alami yang tidak asing. beberapa diantaranya yang mungkin saat ini sudah Anda punyai di rumah, seperti madu, jeruk lemon, ataupun garam.

Keunggulan dari obat sakit tenggorokan alami ini terletak pada rasa aman yang tidak perlu khawatir pada efek sampingnya. Meskipun cara kerjanya sedikit lambat jika dibandingkan dengan obat modern (katakanlah), namun perlahan tapi pasti dengan khasiatnya penyakit ini akan sembuh total baik jangka pendek ataupun jangka panjang, terutama pada kesehatan liver dan ginjal.

Terkecuali jika sakit tenggorokan yang di derita merupakan komplikasi berat, barulah kita mencoba tahap kedua, yaitu dengan pergi ke dokter. Obat sakit tenggorokan di bawah ini ditujukan untuk menghilangkan gejala sakit tenggorokan, namun ada pula yang membantu tubuh melawan infeksi kuman. Berikut uraiannya:

#1. Perbanyak Minum Air Putih

Yang pertama namun sangat penting adalah memastikan agar tubuh Anda tidak kekurangan cairan. Minum air yang cukup akan membuat mukosa atau dinding tenggorokan Anda selalu lembap, mengencerkan dahak bila terdapat dahak yang kental dan membantu tubuh melawan infeksi kuman penyebab sakit tenggorokan.

Minumlah air sehingga warna urin tetap kuning muda atau jernih. Untuk menjaga agar tidak jatuh ke dalam keadaan dehidrasi yang rentan sakit tenggorokan. Anda tidak melulu harus minum air putih, namun juga boleh minum air teh, air dari makanan seperti sup atau juga susu, terserah Anda.

#2. Khasiat Tomat

Dengan bahan-bahan seperti buah tomat, gula pasir dan air hangat ini telah banyak menyembuhkan sakit tenggorokan. Bagaimana cara penyajiannya?

Cara membuat:
  1. Iris-iris buah tomat menjadi beberapa bagian agak tipis. 
  2. Taruh di dalam gelas.
  3. Tambahkan gula sesuai selera. 
  4. Tuang air panas atau hangat hingga memenuhi gelas. 
  5. Aduk rata dan minum selagi hangat.
Tomat yang kaya antioksidan mampu meringankan rasa sakit tenggorokan dan sekaligus meredakan flu. Jika ingin lebih sehat, ganti gula pasir dengan madu. Minum saat malam hari sebelum tidur.

#3. Manfaatkan Madu

Selain rasanya yang manis dan enak, ternyata madu dapat menjadi obat alami sakit tenggorokan. Madu dipercaya dan telah diteliti mengandung sifat antibakteri, antivirus dan antijamur yang tentunya dapat membantu tubuh melawan infeksi kuman di tenggorokan.

Konsistensi madu yang lembut juga dapat meredakan sakit tenggorokan. Cara meminumnya mudah, campurkan satu sendok makan madu dengan segelas air hangat (jangan air panas karena akan merusak nutrisi madu). Bila suka, Anda juga dapat coba mencampurnya dengan air teh atau perasan lemon.

Obat Sakit Tenggorokan

#4. Teh Hangat

Segelas teh hangat dapat menjadi obat alami sakit tenggorokan yang ampuh dan juga nikmat. Teh mengandung banyak antioksidan yang dapat membantu tubuh melawan infeksi dan keadaan radang yag menyebabkan nyeri tenggorokan.

Teh juga dapat membantu tubuh Anda melawan infeksi kuman. Untuk hasil yang lebih optimal, campurkan segelas teh hangat dengan perasan lemon dan juga madu, karena semuanya memiliki khasiat untuk meredakan sakit tenggorokan.

#5. Jeruk Lemon

Jeruk lemon sangat kaya manfaat, mulai sebagai antioksidan, mengobati gangguan asam lambung, mencegah sesak nafas, dan lain sebagainya, buah ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati sakit tenggorokan secara alami dengan kandungan astringen di dalam buah lemonya.

Caranya mudah, yaitu campurkan 1 sendok teh air perasan lemon ke dalam segelas air matang. Perasan air lemon dapat membantu meredakan inflamasi pada tenggorokan dan menciptakan suasana yang dapat membunuh kuman-kuman penyebab sakit tenggorokan.

#6. Cengkeh

Cengkeh atau cengkih merupakan salah satu bahan herbal yang baik untuk mengobati sakit tenggorokan. Obat alami sakit tenggorokan ini dapat dibuat dengan cukup mudah. Bahan yang diperlukan ialah cengkeh bubuk sebanyak 1-3 sendok teh dan air matang.

Campurkan cengkeh dan air, lalu berkumurlah. Cengkeh mempunyai sifat antibakteri dan anti radang yang dapat membantu meredakan sakit tenggorokan. Cengkeh bubuk dapat dibeli di pasar tradisional ataupun toko obat tradisional. Jika tidak tersedia dalam bentuk bubuk maka yang masih utuh pun bisa dimanfaatkan.

#7. Sup Ayam

Makanan sederhana yang biasa kita temukan ini ternyata dapat menjadi obat alami sakit tenggorokan. Selain rasanya yang enak, ternyata kaldu sup ayam yang mengandung natrium dapat membantu meredakan nyeri tenggorokan. Hal ini disebabkan karena kaldu tersebut mempunyai efek anti radang.

Sup ayam juga dapat menjadi alternatif menu makanan Anda, karena biasanya nafsu makan penderita sakit tenggorokan akan berkurang. Dengan menjaga asupan nutrisi yang dibantu dengan sup ayam, tubuh tidak akan kekurangan energi untuk melawan proses infeksi yang terjadi di dalam tubuh.

#8. Garam

Larutan garam merupakan obat kumur alami sakit tenggorokan yang sudah lama populer di seluruh dunia. Bahan yang dibutuhkan adalah 1 gelas air putih hangat dan garam sebanyak 1/4 sendok teh. Gunakan air matang yang hangat, sehangat yang bisa Anda jadikan air kumur. Perlu diingat, penggunaan air dingin tidaklah terlalu efektif mengusir sakit tenggorokan. Anda juga dapat menambahkan 1 sdm Listerine untuk membantu membunuh kuman.

Larutan ini dijamin dapat membantu meredakan sakit tenggorokan karena dapat menghilangkan dan menetralkan asam di tenggorokan, meredakan sensasi nyeri dan terbakar pada tenggorokan serta membantu penyembuhan saluran tenggorokan Anda. Hanya saja perlu diingat bahwa larutan ini untuk berkumur, bukan ditelan.

5. Obat Sakit Tenggorokan di Apotik Resep Dokter

Obat Sakit Tenggorokan

Obat sakit tenggorokan yang telah disajikan di atas mungkin dapat membantu meredakan gangguan tenggorokan Anda. Namun perlu diingat bahwa tidak semua sakit tenggorokan akan sembuh sendiri. Umumnya sakit tenggorokan dapat sembuh dalam kurang dari satu minggu. Beberapa tips dan obat-obatan dapat membantu memperingan gejala yang Anda alami.

#Penggunaan antibiotik

Berikut ini adalah alasan kenapa antibiotik tidak disarankan diberikan untuk menangani sakit tenggorokan:
  1. Menggunakan terlalu banyak antibiotik untuk menangani penyakit sederhana dapat mengakibatkan penggunaannya menjadi tidak efektif saat menangani penyakit berbahaya dimasa yang akan datang.
  2. Umumnya sakit tenggorokan lebih sering disebabkan oleh virus dibandingkan oleh bakteri jadi antibiotik tidak akan mempan melawan virus.
  3. Bahkan jika sakit tenggorokan yang Anda derita disebabkan oleh bakteri, dampak antibiotik terhadap penyakit ini sangat sedikit. Sebaliknya justru dapat menimbulkan efek samping yang merugikan.
Akan tetapi pada situasi tertentu, dokter tetap meresepkan antibiotik obat sakit tenggorokan, yaitu:
  1. Pada pengidap gangguan katup jantung.
  2. Sakit tenggorokan Anda benar-benar parah dan tidak tertahankan.
  3. Saat Anda sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu seperti carbimazole untuk menangani kelainan kelenjar tiroid. Obat-obatan semacam ini bisa memperlemah sistem kekebalan tubuh.
  4. Saat sistem kekebalan Anda melemah karena gagal ginjal atau diabetes, sehingga Anda berisiko mengidap infeksi serius.
  5. Berulang kali mengidap infeksi akibat bakteri streptokokus kelompok A.
  6. Anda punya riwayat pernah mengidap demam rematik, yaitu kondisi yang menyebabkan peradangan yang menyebar ke seluruh tubuh.

#Bedah tonsilektomi

Prosedur ini dilakukan jika seorang anak mengalami sakit tenggorokan karena infeksi amandel/tonsil berulang kali. Tonsilektomi dijalankan dengan mengangkat kedua amandel.

Contoh Obat Sakit Tenggorokan di Apotik

Ada yang pernah minum obat FG TROCHES saat sakit tenggorokan?
  1. Bentuknya mirip permen polo, bulet tapi tengahnya bolong. warnanya pink, rasanya manis dan enak.
  2. Obat ini buat ngilangin sakit tenggorokan, atau kadang kalau tenggorokan berasa gak enak, minum 1 butir obat ini langsung berasa enakan.
  3. Dijual bebas di apotik2 dan tanpa resep dokter.
  4. Nah, ternyata FG troches ini adalah antibiotik, pada tau kan kalo minum antibiotik itu ada aturannya, gak bisa sembarangan.

#Efek Samping

F.G. Troches adalah obat sakit tenggorokan yang relatif aman dan jarang menyebabkan efek samping yang serius. Efek samping umumnya berupa kemerahan pada rongga mulut, kehitaman pada lidah, penurunan nafsu makan, mual, atau gangguan saluran cerna.

Pada orang lanjut usia dan malnutrisi, dapat menyebabkan gejala kekurangan vitamin B seperti radang lidah, sariawan, dan radang sel saraf. Konsumsi dosis tinggi dalam jangka panjang dapat menyebabkan kerusakan sel saraf, sel pendengaran, dan atau sel ginjal. Maka hati-hati jika sakit tenggorokan.

#Dosis

  1. F.G. Troches berupa tablet yang mudah larut pada saluran lendir.
  2. Penggunaan obat ini adalah dengan cara dihisap atau diletakkan di bawah lidah.
  3. Dosis anak adalah 1 tabelt dan dosis orang dewasa adalah 1 – 2 tablet.
  4. Dosis tersebut dapat dikonsumsi 4 – 5 kali per hari. Penggunaan obat ini disarankan tidak melebihi 7 hari.

#Kondisi Darurat

Sakit tenggorokan umumnya dapat ditangani di rumah, tapi Anda perlu berobat ke dokter secepatnya jika sakit ini Anda disertai gejala-gejala berikut ini:

Air liur mengalir tidak terkendali. Mengi. Susah bernapas, menelan, atau bicara. Disfagia atau kesulitan menelan makanan dan minuman. Suara nyaris tidak terdengar. Ruam. Nyeri pada sendi. Darah pada air liur. Benjolan pada leher. Sakit pada telinga.

6. Cara Mencegah Sakit Tenggorokan

Umumnya sakit tenggorokan sulit dicegah karena disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri. Hal-hal berikut ini dapat mengurangi risiko infeksi:
  1. Berhenti merokok dapat memperkuat kekebalan tubuh Anda dan mengurangi risiko iritasi pada tenggorokan.
  2. Selalu cuci tangan dengan teratur, terutama setelah menggunakan fasilitas umum. Selalu bawa cairan antiseptik jika Anda jauh dari jangkauan keran air.
  3. Bersihkan barang-barang yang sering digunakan bersama di rumah atau tempat kerja, seperti gagang telepon, gagang pintu, pengendali TV.
  4. Hindari berbagi-bagi makanan, minuman, serta peralatan makan dan minum.
  5. Kenakan masker saat berkendaraan dan ketika berada di tempat-tempat umum yang penuh dengan kerumunan orang seperti dalam bus dan kereta. Masker juga sebaiknya dikenakan saat sedang bersih-bersih.
  6. Hindari asap rokok.

Kesimpulan:

Penyakit sakit tenggorokan memang sangat mengganggu aktivitas dan dapat menghambat produktivitas sehari-hari. Sebelum berobat ke dokter, Anda tentu dapat mencoba beberapa resep obat alami yang dapat membantu meredakan sakit tenggorokan.

Bila tidak kunjung sembuh dan menemukan beberapa tanda bahaya dari penyakit sakit tenggorokan, janganlah ragu untuk berobat ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Demikian artikel mengenai obat sakit tenggorokan yang terbukti ampuh ini. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat.

Obat Sakit Tenggorokan yang Terbukti Paling Ampuh, Tahukah Anda? Rating: 5 Posted By: saep