Obat radang tenggorokan, obat amandel, obat batuk dan seputarnya adalah fokus utama pembahasan situs ini

7 Cara Menyembuhkan Sakit Tenggorokan dengan Obat Herbal Mudah

Terdapat banyak cara yang telah ditemukan dan dibuktikan oleh para ahli kesehatan untuk menyembuhkan sakit tenggorokan tanpa harus pergi kemana-mana (cukup menggunakan bahan yang ada dirumah kita). Diantara bahan tersebut seperti madu, jeruk lemon, ataupun garam.

7 Cara Mudah Menyembuhkan Sakit Tenggorokan dengan Obat Herbal

Mengobati sakit tenggorokan dengan bahan-bahan alami/herbal ini sama baiknya dengan menggunakan obat modern, kecuali jika sakit tenggorokan yang diderita merupakan komplikasi berat. Obat alami ini akan mampu meredakan sakit tenggorokan Anda perlahan-lahan hingga sembuh total, tanpa perlu khawatir efek sampingnya, baik jangka pendek ataupun jangka panjang, terutama pada kesehatan liver dan ginjal. 

Penyebab dari sakit tenggorokan sangatlah beragam. Kebanyakan sakit tenggorokan disebabkan oleh penyakit infeksi kuman ataupun alergi. Jenis infeksi yang menyebabkan sakit tenggorokan ada banyak, paling seringnya ialah infeksi virus dan bakteri. 

Tapi jika dibandingkan dengan bakteri, infeksi virus lebih dominan sebagai penyebab utama penyakit sakit tenggorokan. Maka terkadang tidak dibutuhkan antibiotik untuk melawan penyakit ini, melainkan cukup dengan obat alami sakit tenggorokan saja.

Obat Alami Sakit Tenggorokan Herbal

Aktifitas haria yang penting terkadang harus berhenti tiba-tiba jika kita kedatangan penyakit ini, karena menimbulkan masalah yang sangat mengganggu. Kadang penyakit ini datang dengan tiba-tiba, kadang juga muncul perlahan didahului kondisi kesehatan yang menurun. 

Seperti yang telah dijabarkan di atas, kebanyakan sakit tenggorokan tidak membutuhkan pengobatan yang terlalu serius, maka obat alami dapat menjadi alternatif. Obat herbal sakit tenggorokan di bawah ini ditujukan untuk menghilangkan gejala sakit tenggorokan, namun ada pula yang membantu tubuh melawan infeksi kuman.
7 Cara Mudah Menyembuhkan Sakit Tenggorokan dengan Obat Herbal
  • Garam
Ya, garam. Anda akan merasakan khasiatnya setelah melakukan langkh-langkah yang tepat. Larutan garam merupakan obat kumur alami sakit tenggorokan yang sudah lama populer di seluruh dunia. Bahan yang dibutuhkan adalah 1 gelas air putih hangat dan garam sebanyak 1/4 sendok teh. 

Gunakan air matang yang hangat, sehangat yang bisa Anda jadikan air kumur. Perlu diingat, penggunaan air dingin tidaklah efektif. Anda juga dapat menambahkan 1 sdm Listerine untuk membantu membunuh kuman. 

Larutan ini dijamin dapat membantu meredakan sakit tenggorokan karena dapat menghilangkan dan menetralkan asam di tenggorokan, meredakan sensasi nyeri dan terbakar pada tenggorokan serta membantu penyembuhan saluran tenggorokan Anda. Hanya saja perlu diingat bahwa larutan ini untuk berkumur, bukan ditelan.
  • Perbanyak Minum Air Putih
Selanjutnya yang sangat penting adalah memastikan agar tubuh Anda tidak kekurangan cairan. Minum air yang cukup akan membuat mukosa atau dinding tenggorokan Anda selalu lembap, mengencerkan dahak bila terdapat dahak yang kental dan membantu tubuh melawan infeksi kuman. 

Minumlah air sehingga warna urin tetap kuning muda atau jernih. Untuk menjaga agar tidak jatuh ke dalam keadaan dehidrasi, Anda tidak melulu harus minum air putih, namun juga boleh minum air teh, air dari makanan seperti sup atau juga susu, terserah Anda.
  • Teh Hangat
Obat mudah dan murah selanjutnya adalah teh hangat. Segelas teh hangat dapat menjadi obat alami sakit tenggorokan yang ampuh dan juga nikmat. Teh mengandung banyak antioksidan yang dapat membantu tubuh melawan infeksi dan keadaan radang yag menyebabkan nyeri tenggorokan. 

Teh juga dapat membantu tubuh Anda melawan infeksi kuman. Untuk hasil yang lebih optimal, campurkan segelas teh hangat dengan perasan lemon dan juga madu, karena semuanya memiliki khasiat untuk meredakan nyeri tenggorokan.
  • Madu
Selain rasanya yang manis dan enak, ternyata madu dapat menjadi obat alami sakit tenggorokan. Madu dipercaya dan telah diteliti mengandung sifat antibakteri, antivirus dan antijamur yang tentunya dapat membantu tubuh melawan infeksi kuman di tenggorokan. Konsistensi madu yang lembut juga dapat meredakan radang pada tenggorokan. 

Cara meminumnya mudah, campurkan satu sendok makan madu dengan segelas air hangat (jangan air panas karena akan merusak nutrisi madu). Bila suka, Anda juga dapat coba mencampurnya dengan air teh atau perasan lemon.
7 Cara Mudah Menyembuhkan Sakit Tenggorokan dengan Obat Herbal
  • Jeruk Lemon
Jeruk lemon sangat kaya manfaat, mulai sebagai antioksidan, mengobati gangguan asam lambung, mencegah sesak nafas, dan lain sebagainya, buah ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati sakit tenggorokan secara alami. Kandungan astringen di dalam buah lemon dapat meredakan dan mengobati sakit tenggorokan. 

Caranya pun sangat mudah, yaitu campurkan 1 sendok teh air perasan lemon ke dalam segelas air matang. Perasan air lemon dapat membantu meredakan inflamasi pada tenggorokan dan menciptakan suasana yang dapat membunuh kuman-kuman di tenggorokan.
  • Cengkeh
Cengkeh atau cengkih merupakan salah satu bahan herbal yang baik untuk mengobati sakit tenggorokan. Obat alami sakit tenggorokan ini dapat dibuat dengan cukup mudah. Bahan yang diperlukan ialah cengkeh bubuk sebanyak 1-3 sendok teh dan air matang. 
Adapun caranya yaitu: Campurkan cengkeh dan air, lalu berkumurlah. Cengkeh mempunyai sifat antibakteri dan anti radang yang dapat membantu meredakan sakit tenggorokan. Cengkeh bubuk dapat dibeli di pasar tradisional ataupun toko obat tradisional. Jika tidak tersedia dalam bentuk bubuk maka yang masih utuh pun bisa dimanfaatkan.
  • Sup Ayam
Makanan sederhana yang biasa kita temukan ini ternyata dapat menjadi obat alami sakit tenggorokan. Selain rasanya yang enak, ternyata kaldu sup ayam yang mengandung natrium dapat membantu meredakan nyeri tenggorokan. 
Hal ini disebabkan karena kaldu tersebut mempunyai efek anti radang. Sup ayam juga dapat menjadi alternatif menu makanan Anda, karena biasanya nafsu makan penderita sakit tenggorokan akan berkurang. Dengan menjaga asupan nutrisi yang dibantu dengan sup ayam, tubuh tidak akan kekurangan energi untuk melawan proses infeksi yang terjadi di dalam tubuh.
Demikian artikel yang sangat singkat ini kami sajikan untuk Anda, harapan utamanya tidak lain adalah semoga bahasan mengenai 7 cara mudah menyembuhkan sakit tenggorokan ini dapat banyak menjadi solusi bagi penderitanya. Salam sehat & semoga sembuh!

7 Cara Menyembuhkan Sakit Tenggorokan dengan Obat Herbal Mudah Rating: 5 Posted By: saep

0 komentar: